DUA SISWA MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 2 LOMBA POSTER KESEHATAN TINGKAT JAWA TIMUR

Jelang berakhirnya tahun ajaran 2022/2023, MAN 1 Gresik terus menambah torehan prestasinya. Prestasi terbaru ditorehkan oleh dua siswa MAN 1 Gresik yang duduk di kelas XI MIPA 2. Dua Siswa tersebut yaitu Nabila Safitri Santoso dan Nadia Aulia Rahma.

Dua siswa MAN 1 Gresik yang merupakan anggota ekstrakurikuler Desain Grafis tersebut berhasil meraih Juara 2 Lomba Poster Tingkat Jawa Timur. Lomba poster tersebut diselenggarakan oleh Universitas Hang Tuah Surabaya. Lomba poster kesehatan yang diselenggerakan Universitas Hang Tuah bertema “Seputar Demam Berdarah”.

Kompetisi yang diikuti siswa SMA/SMK/MA/Sederajat se-Jawa Timur tersebut dilaksanakan dalam dua babak. Babak pertama yakni babak penyisiihan dan babak final. Dalam babak penyisihan, peserta lomba diminta untuk mengirim karyanya secara daring. Setelah menyingkirkan ratusan peserta di babak penyisihan, siswa MAN 1 Gresik terpilih dalam 10 finalis yang berhak tampil di babak final.

Di babak final yang dilaksanakan pada 20 Juni 2023, Nabila dan Nadia harus mempresentasikan karyanya di hadapan juri. Presentasi yang disampaikan berkaitan dengan konten poster dan pemilihan desain poster. Dalam babak final, kedua siswa MAN 1 Gresik tersebut berhasil mempresentasikan karyanya dengan cukup mengesankan.

Menurut Nabila Safitri Santoso selaku ketua tim menuturkan bahwa dalam poster yang dikerjakan bersama Nadia Aula Rahma merupakan wujud kepedulian terhadap sesama manusia. Dalam poster tersebut ia mengambar seorang anak kecil yang mengidap demam berdarah, alasannya penyakit demam berdarah banyak menyerang anak-anak terutama usia Balita. Dalam membuat karya poster ini, ia menyelesaikan hanya dalam waktu 1 hari. Sedangkan dalam memersiapkan presentasi di babak final Nabila dan Nadia memersiapkan diri selama 5 hari dengan dibantu pembina Ekstrakurikuler Desain Grafis Zaini Rosyid.

Setelah meraih juara dalam lomba poster ini, mereka berharap bahwa poster karya mereka dapat bermanfaat bagi masyarakat. Poster ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pencegahan penyakit demam berdarah. Sehingga melalui edukasi ini, masyarakat tidak mudah terjangkit penyakit demam berdarah.

Leave a Comment